Desain Interior, Exterior dan Taman Rumah Anda

Tuesday 19 January 2016

Cara Menghemat Tagihan Listrik Rumah

Advertisement

Cara Menghemat Tagihan Listrik Rumah – Tagihan listrik sering menjadi momok bagi masyarakat di Indonesia, terlebih harganya yang sering mengalami kenaikan. Beruntungnya sampai saat artikel ini dibuar tarif listrik sedang turun nih. Penurunan tarif pada awal tahun 2016 ini memang cukup signifikan. Bahkan dapat menghemat uang hingga 30 persen dari tarif awal. Namun tidak lantas kita bisa seenaknya boroh listrik ya. Tentunya kita juga harus memikirkan saudara-saudara kita yang masih menggunakan listrik subsidi.
Nah masih berhubungan dengan rumah nih. kali ini Rumahexotic.com akan memberikan sedikit tips bagaimana cara menghemat tagihan listrik rumah kamu. Cara berikut bahkan cara yang sangat mudah dan cukup efisien untuk dilakukan.

Cara Menghemat Tagihan Listrik Rumah

Cara menghemat tagihan listrik rumah

1. Matikan atau cabut peralatan listrik yang tidak terpakai.

Matikanlah peratalatan listrik yang tidak terpakai. Agar lebih aman, cabut juga kabel dari stop kontak. Beberapa peralatan listrik memang memiliki daya yang cukup besar seperti dispenser, tv tabung, komputer dan lain sebagainnya. Peralatan listrik tersebut bisa menyebabkan tagihan listrik melonjak jika tidak diperhatikan penggunaannya.

2. Gunakan peralatan listrik yang hemat daya.

Dimasa sekarang ini banyak sekali inovasi yang ditemukan oleh para ahli untuk dapat menghemat penggunaan listrik. Salah satunya teknologi lampu LED untuk keperluan penerangan rumah. Lampu ini sangat terang dan memiliki daya relatif kecil. Selain itu, lampu LED juga tidak menimbulkan panas yang berlebih seperti lampu dengan neon pada umumnya. Selain lampu rumah LED ada juga peralatan listrik yang mampu mengehemat tagihan listrik seperti TV LED dan LCD,


3. Cek peralatan listrik dan kondisi kelistrikan secara berkala.

Hal ini di maksudkan untuk menghindari peralatan listrik dari bahaya konsleting atau hubungan arus pendek listrik. Hubungan arus pendek listrik cukup sering terjadi di rumah, hal ini disebabkan karena pertemuan arus listrik plus dan minus. Jika konsleting terjadi, tentunya beban listrik menjadi semakin besar. Tentunya ini juga akan membuat tagihan listrik semakin membengkak.

4. Manfaatkan sumber daya lain selain listrik.

Selain cara-cara di atas, kita juga bisa menghemat listrik dengan memanfaatkan sumber daya lain selain energi listrik. Contohnya kita tidak perlu menggunakan kompor listrik jika kita juga dapat menggunakan kompor gas dan lain sebagainya. Contoh yang lain, kita juga bisa menggunakan alat musik akustik dari pada menggunakan alat musik elektrik.
Jadi inti dari cara menghemat listrik yaitu menanamkan perilaku hemat listrik pada diri sendiri.

Cara Menghemat Tagihan Listrik Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Cara Menghemat Tagihan Listrik Rumah"