Desain Interior, Exterior dan Taman Rumah Anda

Sunday 11 October 2015

Desain Kolam Ikan dan Taman Minimalis dengan Batu Alam

Advertisement

Desain Kolam Ikan dan Taman Minimalis dengan Batu Alam – Taman dalam sebuah rumah memiliki banyak fungsi. Salah satunya sebagai sumber udara bersih bagi keluarga. Dewasa ini taman juga memiliki beragam desain, mulai dari minimalis sampai taman modern. Kali ini Rumahexotic.com akan membahas desain taman  sekaligus kolam ikan minimalis milik ibu sa’adah jepara. Desain taman ini bisa kamu gunakan sebagai referensi membangun taman dan kolam ikan dengan bahan batu alam. Apa saja keistimewaan taman dan kolam ikan ini? Yuk intip.

Desain Kolam Ikan dan Taman Minimalis dengan Batu Alam

Letak taman

Letak taman sekaligus kolam ikan ini berada di samping halaman depan rumah. Posisi ini dipilih untuk mengisi ruang yang kosong pada halaman rumah tepatnya. Posisi ini juga dipilih karena tempatnya yang teduh sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai air kolam. Ini bertujuan agar dasar kolam tidak cepat keruh karena ditumbuhi lumut.

Ukuran kolam dan taman

Ukuran taman keseluruhan adalah 3 x 4 meter dan ukuran kolam ikan 1,5 x 3 meter. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada denah berikut.

Desain Kolam Ikan dan Taman Minimalis dengan Batu Alam

Warna ungu : Pompa air
Warna Biru tua : Pipa saluran air.

Sistem pembuangan kolam

Sistem pembuangan kolam cukup sederhana. Seperti terlihat pada denah, pipa pembuangan terletak pada sisi kiri yang ditanam didasar kolam. Lalu air kolam akan dialirkan keluar dengan bantuan pompa air.

Desain kolam

Desain kolam seluruhnya menggunakan bahan batuan. Batuan dengan 4 motif berbeda disusun sesuai rancangan. Batuan digunakan untuk menimbulkan efek alami pada kolam. Penyususnan bisa dilihat pada gambar.
Desain Kolam Ikan dan Taman Minimalis dengan Batu Alam

Air pada kolam digerakkan dengan bantuan pompa air. Pompa air sengaja dipilih dengan daya terkecil agar hemat listrik. Pompa air tidak harus di hidupkan terus meneruk kok, cukup pada pagi hari sampe sore hari atau malam hari.
Air dialirkan oleh pompa melalui pipa yang mempunyai 2 cabang. 1 cabang berada menempel diatas batuan agar air dapat mengalir melalui permukaan batuan dan 1 cabang lagi berada di dalam guci kecil ditengah kolam.
Sebagai pemanis, sisi kolam juga ditanami bunga dan rumput. Tak lupa juga batu alam berwarna putih ditebar disepanjang sisinya.

Saringan air

Saringan air di tempatkan tetap didepan pompa air. Saringan menggunakan spons dan kapas penyaring yang sering digunakan pada aquarium umumnya.

Desain Kolam Ikan dan Taman Minimalis dengan Batu Alam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Desain Kolam Ikan dan Taman Minimalis dengan Batu Alam"