Desain Interior, Exterior dan Taman Rumah Anda

Friday 9 October 2015

Cara Merawat Bunga Adenium Agar Lebih Indah

Advertisement

Cara Merawat Bunga Adenium Agar Lebih Indah – Bunga adenium atau kamboja jepang merupakan salah satu tumbuhan tropis yang dapat hidup di hampir seluruh wilayah indonesia. Bunga yang memiliki ciri khas akarnya yang besar dan memiliki nama latin Adenium obesum ini banyak memiliki penggemar. Adenium juga sangat mudah dalam hal perawatan. Tak perlu biaya mahal, cukup disiram dan dipupuk secukupnya bunga adenium dapat tumbuh dengan baik. Namun tahukah kamu ada beberapa cara agar bunga adenium anda dapat tumbuh lebih indah? Cara inipun sangat sederhana dan dapat anda lakukan sendiri dirumah.

Cara Merawat Bunga Adenium Agar Lebih Indah
Adenium

1. Cara menumbuhkan batang baru pada bunga adenium.

Adenium yang bentuknya kurang indah dapat kita akali dengan cara memotong batangnya. Kok malah di potong? Iya, pemotongan batang ini bertujuan menumbuhkan batang baru pada bunga adenium. Namun pemotongan batang adenium harus memeperhatikan hal-hal berikut agar dapat tumbuh sempurna.
- Untuk memotong batang bunga adenium, siapkan terlebih dahulu pisau bersih.
- Lalu tentukan batang mana yang akan anda potong.
- Ciri-ciri batang yang siap dipotong adalah batang yang memiliki permukaan menonjol, permukaan menonjol yang dimaksud adalah batang yang memiliki tonjolan sisa pertumbuhan daun yang sudah rontok. Seperti terlihat pada gambar.

(klik gambar untuk memperbesar)
- Jika sudah kamu tentukan, potong batang tersebut dengan pisau bersih.
- Tunggulah sampai kurang lebih 1 minggu, dan batang baru akan mulai tumbuh.

2. Cara membentuk akar adenium sesuai keinginan.

Cara ini bisa dikatakan susah susah gampang. Karena dibutuhkan kreatifitas sang pemilik untuk membentuk akar dengan tampilan yang indah.
- Siapkan sekop kecil untuk menggali akar bunga adenium.
- Cabut adenium dari tanah dengan bantuan sekop.
- Lalu tanam lagi bunga adenium dengan posisi yang berbeda.  Bisa dengan posisi tidur menyamping dan ikat dengan kayu jika akar tidak dapat berdiri.
- Padatkan tanah dengan cara menekan-nekan tanah.
- Pastikan akar tertanam di tanah karena tanah sebagai tempat sumber makanan bagi bunga adenium.

3. Cara membentuk batang adenium sesuai keinginan.

Cara membentuk batang adenium bisa dengan berbagai alat. Seperti penggunaan kawat, tali, kayu dan sebagainya. Keindahan bentuk yang dihasikan juga tergantung kreatifitas sang pemilik.
Yang paling umum digunakan dalam membentuk batang adenium adalah kawat. Kawat yang di pakai biasanya berdiameter 0,5 mm karena kawat berukuran ini cukup kuat dan mudah dibentuk.
- Lilitkan kawat ke sekitar batang adenium, lalu bentuk sesuai keinginan anda.
- Alternatif lain anda bisa mengepang lalu mengikat batang adenium dengan tali sesuai keinginan anda.

Itu tadi beberapa kreasi yang dapat anda lakukan dengan bunga adenium agar lebih indah. Yuk hiasi rumah kita dengan berbagai tumbuhan sebagai sumber udara bersih bagi keluarga kita.

Cara Merawat Bunga Adenium Agar Lebih Indah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mimin MotorBanter

0 Response to "Cara Merawat Bunga Adenium Agar Lebih Indah"